Kamis, 28 September 2017

PIGMEN BETALAIN


Salah satu jenis pigmen adalah pigmen betalain. pigmen ini terkandung pada tanaman yang termasuk dalam ordo Caryophyllales. Pada suatu tanaman, kehadiran pigmen betalain bersifat mutual eksklusif dengan pigmen antosianin. Hal ini berarti kehadiran pigmen betalain tidak pernah dijumpai bersama-sama dengan pigmen antosianin (Mastuti et al., 2010). Pigmen betalain disintesis dari asam amino tirosin, sehingga mengandung unsur nitrogen (Pavokovic dan Krsnik-Rasol, 2011). Pigmen betalain terdiri dari dua jenis, yaitu betasianin dan betaxantin. Betasianin berwarna merah-violet dan betaxantin berwarna kuning-oranye (Sarkar et al., 2011). Pigmen betalain dapat ditemukan pada bunga, buah, daun, dan umbi. Perbedaan struktur pigmen betasianin dan betaxantin dapat dilihat pada gambar di bawah ini.

 

Struktur Betasianin (a) dan Betaxantin (b)
(Pavokovic dan Krsnik-Rasol, 2011)



Contoh tanaman yang mengandung pigmen betasianin dan betaxantin:
-    Betasianin





 

 



-    Betaxantin
 

 


DAFTAR PUSTAKA

Mastuti, R., Cai, Y., and Corke, H. 2010. Identifikasi Pigmen Betasianin pada Beberapa Jenis Inflorescence Celosia. Seminar Nasional Biologi, Yogyakarta 24-25 September 2010.
Pavokovic, D. and Krsnik-Rasol, M. 2011. Biotechnological production of betalains. Food Technol. Biotechnol. 49(2):145-155.

Sarkar, T., Sen, M. K., and Nihar, S. 2011. Extraction of natural pigment from beet root & proper packaging of that red dye: a review. Journal of Agricultural Engineering and Food Technology. 2:116-118.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar